METODOLOGI PENELITIAN TUGAS 3
LATAR
BELAKANG
Mungkin
banyak diantara teman-teman yang sering mendengar kata direct injection
(kebanyakan emblem ini tertempel di mobil-mobil diesel Indonesia). Tahukah apa
yang dimaksud direct injection yang sebenarnya?
Ya
betul, memang direct injection ini sering dilihat pada mobil-mobil diesel pada
umumnya. Namun tahukah anda beberapa mobil bensin juga ada yang menggunakan
sistem direct injection ini. Direct injection atau dalam bahasa indonesia
artinya injeksi langsung adalah sistem dimana injektor/nozzle diletakan
langsung didalam (bagian atas) ruang pembakaran. Sistem direct injection ini
biasanya memiliki desain kepala silinder yang berbentuk mahkota untuk
meningkatkan turbulensi saat terjadi pembakaran
Sedangkan
indirect injection / injeksi tidak langsung adalah kondisi dimana injektor
tidak diletakkan didalam ruang bakar seperti direct injection. Namun terdapat
satu ruangan lagi dalam ruang bakar tersebut yang disebut swirl chamber. Swirl
chamber adalah ruang dimana injektor ditempatkan di kepala silinder / head
cylinder, sehingga saat piston melakukan langkah TMA (Titik Mati Atas) sebagian
besar udara yang masuk lewat langkah hisap akan masuk ke dalam swirl chamber
dan terjadilah pembakaran di swirl chamber tersebut dan menjadi sumber tenaga
dalam mesin tersebut.
PERBEDAAN
DIRECT INJECTION DAN INDIRECT INJECTION
Keuntungan dari Direct Injection:
- Saat mesin dingin lebih mudah dihidupkan
- Lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar
- Ruang bakar yang lebih kecil membuat efisiensi panas menjadi lebih baik.
Kerugian dari Direct Injection:
- Cederung suara mesin lebih kasar dan bising
- Lebih rentan terhadap penyumbatan dalam injektor karena lubang injektor lebih kecil
- Output tenaga yang cenderung lebih kecil
- Turbulensi kecil pada kecepatan rendah
Keuntungan dari Indirect Injection:
- Tingkat turbulen yang tetap tinggi di berbagai putaran mesin
- Tidak memerlukan sistem injeksi yang tinggi
- Kecil kemungkinan untuk terjadinya penyumbatan pada injektor
Kerugian dari Indirect Injection:
- Konsumsi BBM yang kurang efisien dan perpindahan panas yang rendah
- Rasio kompresi yang lebih tinggi dibutuhkan saat start
Langkah kerja mesin Direct
Injection:
Komentar
Posting Komentar